cover
Contact Name
Kadek Wirahyuni
Contact Email
kadek.wirahyuni@undiksha.ac.id
Phone
+6282236067235
Journal Mail Official
kadek.wirahyuni@undiksha.ac.id
Editorial Address
Jalan Udayana No.11 Singaraja
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
ISSN : http://u     EISSN : http://u     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v10i1
Core Subject : Education,
As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language and Art Education. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory experiments to field studies. The major criteria in review and the selection process concerns the significance of the contribution to the area of learning and instruction. Instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational, technology, and educational development at Indonesia Language and Art Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 2 (2023)" : 7 Documents clear
MAKNA SIMBOLIK FOLKLOR MAMASSURO DAN MANCA DALAM TRADISI PERNIKAHAN DI DESA SAPEKEN, KECAMATAN SAPEKEN, KABUPATEN SUMENEP (KAJIAN SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE) Bayyazid Ray Sanusi Sanusi; Ida Ayu Made Darmayanti; Ni Made Rai Wisudariani
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 13 No. 2 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbsi.v13i2.64047

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan posisi folklor mamassuro dan manca dalam prosesi tradisi pernikahan di Desa Sapeken, mendeskripsiskan makna simbolik mamassuro dalam pernikahan di Desa Sapeken, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, mendeskripsiskan makna simbolik manca dalam pernikahan di Desa Sapeken, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika Charles Sander Pierc. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan posisi folklor mamassuro dan manca memiliki posisi penting dalam prosesi pernikahan di Desa Sapeken yang menyangkut .nagu baun, ngalaku, ngimpuan ringgit, mamassuro, ngireh. Makna simbolik Mamassuro dalam pernikahan, yaitu Kakampu (alat dapur, mempunyai makna berupa pesan kepada mempelai laki-laki agar memenuhi kebutuhan pangan keluarga, buah-buahan, mempunyai makna berupa harapan untuk kedua mempelai agar selalu diberikan rizki yang melimpah, Alat sholat, mempunyai makna barupa harapan agar hubungan yang dibangun berlandaskan pada nilai nilai agama), Tikolok panangat: Songkol pallopo (harapan untuk kedua mempelai agar tetap langgeng dan bahagia sampai ajal menjemput meraka dan makna dari gula merah agar kedua mempelai selalu bahagia) Panangat (makna berupa harapan ketentaraman dalam rumah tangga dan lingkungan sekitar yang dilambangkan dengan daun leko). Makna simbolik manca dalam pernikahan yaitu: Bujjak (simbol dari kelaki-lakian), Manca (simbol watak dan harga diri yang tinggi)
PENILAIAN DALAM MENULIS TEKS BERITA BERIORIENTASI KURIKULUM MERDEKA DI KELAS VII SMP NEGERI 4 SINGARAJA Ida Rifaniah Rinjani; Ni Made Rai Wisudariani; I Putu Mas Dewantara
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 13 No. 2 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbsi.v13i2.64714

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penilaian menulis teks berita beriorientasi Kurikulum Merdeka dari berbagai aspek, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam penilaian menulis teks berita beriorientasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru Bahasa Indonesia, salah satu kelas yang diajar oleh guru bersangkutan yaitu kelas VII Melati dengan jumlah 40 siswa dan objek penelitian mengenai perencanaan, pelaksanaan, dan kendala yang dihadapi oleh guru dalam penilaian menulis teks berita beriorientasi Kurikulum Merdeka di kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diolah secara induktif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini berupa perencanaan penilaian menulis teks berita beriorientasi Kurikulum Merdeka dapat membantu guru dalam menentukan strategi pembelajaran yang akan digunakan agar tujuan tercapai, pelaksanaan penilaian menulis teks berita beriorientasi Kurikulum Merdeka menggunakan tiga tes yakni teks diagnostik, formatif, dan sumatif, dan kendala yang dihadapi oleh guru Bahasa Indonesia pada saat melaksanaan penilaian menulis teks berita beriorientasi Kurikulum Merdeka yaitu kondisi kelas yang kurang kondusif, minimnya partisipasi siswa dalam diskusi kelompok, dan jumlah siswa yang terlalu banyak yang menyebabkan penilaian sedikit lebih sulit.
PENGGUNAAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH DALAM PEMBELAJARAN PUISI PADA SISWA KELAS XG MADRASAH ALIYAH NEGERI BULELENG Dhea Nita Umaroh; Ida Ayu Made Darmayanti; I Nyoman Yasa
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 13 No. 2 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbsi.v13i2.65265

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aplikasi Macromedia Flash, kendala serta respons siswa dalam pembelajaran puisi pada siswa kelas XG di Madrasah Aliyah Negeri Buleleng. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia dan objek penelitan adalah aplikasi Macromedia Flash. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan angket siswa. Instrumen peneitian menggunakan pedoman observasi, wawancara dan angket siswa. Guru menggunakan aplikasi Macromedia Flash dalam pembelajaran menulis puisi. Macromedia Flash merupakan suatu program berbasis multimedia dan animasi interaktif dengan menggunakan fasilitas-fasilita menggambar dan bahasa pemprograman flash.  yang mencakup dan menampilkan materi pengertian puisi, unsur, prinsip, ciri-ciri puisi serta melatih siswa dalam membuat puisi. Pengaplikasiannya terdapat kendala yaitu pembuatan aplikasi yang cukup rumit dan membutuhkan waktu yang lama, kurangnya media pendukung (LCD) dan kurang kondusifnya siswa di dalam kelas.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA, KOLABORASI, DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA PESERTA DIDIK VIII E SMP DIAN HARAPAN JAKARTA Sri Kristiyani
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 13 No. 2 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbsi.v13i2.67388

Abstract

Literasi membaca, kolaborasi, dan komunikasi merupakan kemampuan yang perlu dikuasai dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks pada Kurikulum 2013. Namun, ketiga kompetensi tersebut belum dikuasai oleh peserta didik, bahkan hasilnya cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan literasi membaca, kolaborasi, dan komunikasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (PJBL) pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan PTK yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan tahapan perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi terhadap 27 peserta didik VIII E. Instrumen penelitian menggunakan rubrik untuk mengukur kemampuan literasi membaca, kolaborasi, dan komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami peningkatan pada ketiga kemampuan tersebut. Nilai rata-rata kemampuan literasi membaca pada siklus satu adalah 71,3, lalu siklus dua menjadi 80,3, dan siklus tiga menjadi 90,2. Nilai rata-rata kemampuan kolaborasi pada siklus satu adalah 70,3, lalu siklus dua menjadi 83,2, dan siklus tiga menjadi 90,2. Nilai rata-rata kemampuan komunikasi pada siklus satu adalah 68,4, lalu siklus dua menjadi 81,6, dan siklus tiga menjadi 87,7. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek melalui PTK mampu mengembangkan kemampuan  literasi membaca, kolaborasi, dan komunikasi peserta didik VIII E SMP Dian Harapan.
ANALISIS SINIAR “DONGENG ANAK MASA KINI” SEBAGAI MEDIA AJAR DALAM PEMBELAJARAN CERITA FANTASI DI SMP KELAS VII Kadek Siska Yulia Dewi; Sang Ayu Putu Sriasih; I Wayan Wendra
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 13 No. 2 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbsi.v13i2.68740

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan struktur cerita fantasi dalam siniar “Dongeng Anak Masa Kini”; kaidah kebahasaan cerita fantasi dalam siniar “Dongeng Anak Masa Kini”; dan relevansi siniar “Dongeng Anak Masa Kini” terhadap pembelajaran cerita fantasi di SMP kelas VII. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa metode simak dengan teknik catat dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  struktur cerita fantasi dalam siniar “Dongeng Anak Masa Kini” memiliki kesesuaian dengan struktur pembangun teks cerita fantasi, yakni terdiri dari orientasi, komplikasi, dan resolusi; kaidah kebahasaan cerita fantasi dalam siniar “Dongeng Anak Masa Kini” memenuhi kriteria yang mencirikan kaidah kebahasaan suatu teks cerita fantasi, yakni menggunakan kata ganti dan nama orang, kata mencerap pancaindra, kata kiasan, majas sarkasme, kata hubung waktu, ungkapan keterkejutan, kalimat langsung, dan kalimat tidak langsung; dan siniar “Dongeng Anak Masa Kini” memiliki relevansi terhadap pembelajaran cerita fantasi di SMP kelas VII, sehingga media ini layak diterapkan dalam pembelajaran tersebut.
PENGGUNAAN KANAL YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SINGARAJA Devi Sandra Yudini; Sang Ayu Putu Sriasih; I Gede Nurjaya
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 13 No. 2 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbsi.v13i2.68744

Abstract

Penelitian in bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menulis teks prosedur dengan menggunakan kanal YouTube sebagai media pembelajaran siswa kelas VII SMP Negeri 3 Singaraja, kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam penggunaan kanal YouTube sebagai media pembelajaran menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 3 Singaraja, dan hasil belajar menulis teks prosedur siswa setelah diterapkannya penggunaan kanal YouTube sebagai media pembelajaran siswa kelas VII SMP Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini langkah-langkah pembelajaran menulis teks prosedur dengan menggunakan kanal YouTube Devina Hermawan terdapat tiga kegiatan yang dilaksanakan yakni kegiatan pembuka, inti, dan penutup pada pelaksanaan pembelajaran menulis teks prosedur, kendala-kendala yang ditemukan oleh guru dalam penggunaan media kanal YouTube Devina Hermawan dalam pembelajaran menulis teks prosedur dari segi siswa yaitu kemampuan menyimak dan menulis teks prosedur siswa yang berbeda-beda, penggunaan waktu yang masih kurang efektif dan masih banyak siswa yang belum diberikan fasilitas handphone oleh orang tuanya, dan hasil belajar menulis teks prosedur siswa setelah diterapkannya penggunaan kanal YouTube sebagai media pembelajaran yakni dilihat dari rata-rata nilai menulis teks prosedur siswa adalah 84,7 dengan kategori baik.
PENGGUNAAN MEDIA LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA SMP NEGERI 7 SINGARAJA Ni Luh Putu Susi Ardiningsih; Kadek Wirahyuni; I Nyoman Yasa
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 13 No. 2 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbsi.v13i2.68948

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan media Lectora Inspire pada siswa kelas VIII; mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan media Lectora Inspire pada siswa kelas VIII; mendeskripsikan respons siswa terhadap penggunaan media Lectora Inspire dalam pembelajaran menulis teks persuasi di kelas VIII D SMP Negeri 7 Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, dan metode angket/kuisioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan dekskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pelaksanaan pembelajaran yang tepat dalam penelitian ini ditekankan pada penegasan teknik-teknik penulisan yang kuat, kata-kata persuasif, dan bukti-bukti yang mendukung;  Penggunaan media Lectora Inspire juga dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks persuasi. Pada pratindakan skor rata-rata klasikal 61,91 (kurang), siklus I memperoleh nilai rata-rata klasikal 70,2 (cukup), sedangkan pada siklus II nilai rata-rata klasikal siswa menjadi 82 (baik); siswa memberikan tanggapan sangat positif terhadap penggunaan media Lectora Inspire dalam pembelajaran menulis teks persuasi, pada siklus I memperoleh rata-rata 23,3 (sangat positif) sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 23,5 (sangat positif). Diharapkan kepada guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 7 Singaraja agar menerapkan pembelajaran ini sesuai langkah yang ditemukan dalam penelitian.

Page 1 of 1 | Total Record : 7